Ini Alasan Pelabuhan Patimban Bisa Efisiensi Biaya Logistik

Ini Alasan Pelabuhan Patimban Bisa Efisiensi Biaya Logistik

Bisnis.com, JAKARTA - Lokasi Pelabuhan Patimban yang lebih dekat pada sentra industri di provinsi Jawa Barat diharapkan memberikan kontribusi kepada efisiensi biaya logistik para pelaku industri.

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi mengapresiasi komitmen dan keseriusan pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur strategis layanan logistik termasuk pelabuhan Patimban.

Untuk menggapai efisiensi dalam layanan logistik, kita memerlukan infrastruktur yang mumpuni, termasuk pelabuhan yang modern dan berbasis digitalisasi dalam layanannya terhadap pengguna jasa, ujar Yukki melalui siaran pers, Jumat (8/1/2021).

Yukki mengatakan Patimban disiapkan untuk menjadi pelabuhan pertama di Indonesia yang mengintegrasikan seluruh mata rantai pasok sekaligus menjadi Pelabuhan baru berskala internasional yang saat ini telah beroperasi.

Selanjutnya, Patimban diharapkan dapat menjadi bagian dari pelayanan logistik dan transportasi di Indonesia yang dapat memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat secara umum serta memberikan efek ganda yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Yukki, yang juga menjabat Chairman ASEAN Federation of Forwarders Association (AFFA), mengatakan Pelabuhan Patimban dapat mendukung pertumbuhan aktivitas logistik dan ekonomi nasional dan pelabuhan itu diharapkan menjadi layanan rantai pasokan terintegrasi pertama atau the first integrated supply chain port di Indonesia, bukan saja dari sisi pelabuhannya tetapi dari operatornya.

Dengan beroperasinya Patimban, merupakan angin segar dalam upaya mengurai kemacetan di Ibu Kota Jakarta yang selama ini terimbas atas aktivitas truk logistik dari dan ke pelabuhan Tanjung Priok, tekannya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap dapat memberikan pemahaman dan meyakinkan para pemangku kepentingan tentang Pelabuhan Patimban dan kesiapan Pelabuhan Patimban dalam memberikan layanan logistik nasional dan internasional.

“Bapak Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan kami untuk mempersiapkan Pelabuhan Patimban, sebagai infrastruktur strategis untuk memfasilitasi interaksi ekonomi nasional dan internasional. Yakni ekspor/impor dan perdagangan antarpulau, untuk menghadapi era 2045,” jelasnya.

Share this Post: