PLB Berperan Dukung Daya Saing Industri Logistik

PLB Berperan Dukung Daya Saing Industri Logistik

Ketua Umum DPP ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi menyatakan bahwa Pusat Logistik Berikat (PLB) memiliki peran dalam mendukung perbaikan daya saing industri logistik dan perdagangan Internasional.

“PLB merupakan fasilitas Bea Cukai yang diberikan kepada pelaku logistik untuk mendukung industri manufaktur dan IKM/UKM terkait kegiatan transaksi impor dan ekspor dalam meningkatkan daya saing produk di Pasar Global maupun Domestik,” ujarnya kepada Ocean Week, Kamis pagi.

Yukki juga menyatakan, konsep PLB tersebut sudah sangat efektif, juga Tata laksana PLB ini bagi pelaku logistik nasional maupun industri produsen dalam memindahkan Pusat penimbunan yang berada diluar negeri ke dalam negeri.

“Proses perolehan ijin PLB berbeda dengan jenis fasilitas TPB (Tempat Penimbunan Berikat) lainnya yaitu dimana pengajuan PLB atas dasar business plan yang diusulkan oleh pelaku logistik atau industri komoditas/produsen kepada Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang kemudian akan di konfirmasi/disetujui oleh Pemerintah jika memberikan manfaat nyata bagi negara dan pelaku industri Nasional,” ungkapnya.

Sedangkan untuk fasilitas TPB lainnya, ucap Yukki, adalah kebijakannya yang business plannya dibuat Pemerintah kemudian dilaksanakan bagi penerima fasilitas berikat tersebut.

Menurut dia, sangatlah besar peran DJBC dalam memberikan peluang bagi industri Nasional untuk berdaya saing global melalui kebijakan PLB yang dibuatnya tersebut, meskipun, kata Yukki, masih banyak penyelarasan dan perbaikan yang diperlukan dalam mengotimalkan fungsi serta peran PLB selanjutnya.

https://oceanweek.co.id/plb-berperan-dukung-daya-saing-industri-logistik/



Share this Post: