• MyPassion

Menhub minta syahbandar dan swasta tingkatkan daya saing logistik

27 Jul,2018

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Logistic performance index (LPI) Indonesia melesat naik 17 tingkat ke peringkat 46. Meski mengalami kenaikan, posisi Indonesia dibanding negara Asia lain masih jauh tertinggal.

Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dirinya patut bersyukur atas kenaikan LPI ini. Namun, dengan peringkat yang masih tertinggal, dia meminta setiap pemangku kepentingan berkompetisi, mengeluarkan strategi dalam mengejar ketertinggalan, baik dari pihak syahbandar maupun swasta.

“Presiden selalu minta kita kompetitif dan meningkatkan kemampuan dari segi apapun, baik kecepatan, harga yang murah, dan kejelasan,” katanya saat di temui Kontan.co.id di tanjung Priok, Kamis (26/7).

Tapi, pemerintah tak bisa berjalan sendiri. Menhub bekerja sama dengan korporasi seperti operator pelabuhan Pelindo.

Dia memberi contoh, pada 1 Agustus mendatang, akan ada kapal dari Australia membawa muatan lebih dari 5.000 Teus. Menurut dia, ini menandakan, ada benih efisiensi di Indonesia di mata internasional.

Dengan efisiensi, Indonesia, menurut Budi, bisa menaikkan daya saing serta volume perdagangan.

Seperti di ketahui, berdasarkan data World Bank, ranking logistik negara tetangga misalnya, Singapura menduduki peringkat ke-7, Thailand 32, Vietnam 39, Malaysia 41, Indonesia 46, Filipina 60, dan Kamboja ranking 98.

Powered by.
Tentang.

Diawali dengan lahirnya GAFEKSI /INFA (Gabungan Forwarder dan Ekspedisi Seluruh Indonesia / Indonesian Forwarders Association) pada 25 Juli 1989 sebagai satu- satunya asosiasi yang mengembangkan industri jasa FF dan Kepabeanan di Indonesia