• MyPassion

ALFI: Logistik Masih Perlu Kerja Keras

27 Jul,2018

Jakarta, Gatra.com -  Rangking Indonesia dalam daftar Logistic Peformance Index 2018 naik signifikan menjadi urutan 46 dari 160 negara dunia. Dua tahun sebelumnya pada daftar Logistic Peforman Index 2016, Indonesia berada di posisi 63.


Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan mengatakan apa yang dicapai itu sesuai dengan perkiraan, terutama perbaikan di infrastruktur. Hal ini patut disyukuri, tapi bukan berarti kita berhenti bekerja, bahkan harus lebih keras lagi, katanya, Kamis (26/7).

Peringakat Indonesia memang membaik, namun negara-negara ASEAN lain juga mengalami peningkatan. Dalam lingkup ASEAN Vietnam mengalami kenaikkan dua tingkat dari peringkat ke 5 naik menjadi 3 dan Indonesia dari peringkat 4 turun menjadi 5.

Sebagai negara terbesar penduduknya kita dapat mengambil peran yang lebih besar. Nah kalau melihat biaya logistik kita ini merupakan sebuah tatangan untuk menarik investasi masuk.  Oleh karena itu perlu tetap bekerja keras dan mengevaluasi. Mana yang perlu dievaluasi dan yang belum di implementasi kan. Selain terus menyelesaikan pekerjaan infrastruktur juga sekarang ini sudah era digital, kata Yukki.

 Menurutnya, salah satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan adalah satu sistem dengan payung Indonesia Single Window. Layanan satu atap system pengiriman data, dokumen logistik dan perdagangan serta informasi dagang secara aman dan handal.

Selain itu peningkatan kualitas SDM yang memiliki kualitas berstandar nasional dan global.

Juga regulasi landasan hukum dan penegakkan hukum serta penerapan peraturan perundangan yang terkait logistik dan sinkronisasi peraturan Perundangan Logistik antar Kementrian/Lembaga maupun antar pemerintah pusat dan daerah, tambahnya.

 Berdasarkan rangking LPI, Singapore ( peringkat 7 dunia ) menjadi yang terbaik di ASEAN. Disusul Thailand ( 32), Vietnam (39) , Malaysia (41) , Indonesia (46), Philippines (60), Brunei (80) Laos (82), Cambodia (98) dan Myanmar (137)


https://www.gatra.com/rubrik/ekonomi/334614-ALFI:--Logistik-Masih-Perlu-Kerja-Keras

Powered by.
Tentang.

Diawali dengan lahirnya GAFEKSI /INFA (Gabungan Forwarder dan Ekspedisi Seluruh Indonesia / Indonesian Forwarders Association) pada 25 Juli 1989 sebagai satu- satunya asosiasi yang mengembangkan industri jasa FF dan Kepabeanan di Indonesia