PT Jawa Barat Logistik (Jabar Log) dan Politeknik Negeri Padang menjalin kerjasama dalam rangka meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang logistik.

Kerjasama itu dituangkan melalui memorandum off understanding (MoU) antara Direktur Politeknik Negeri Padang Dr. Surfa Yondri ST., S.ST., M. Kom dengan Direktur Utama PT. Jawa Barat Logistik Dr. Nofrisel, SE, MM, CSLP, ESLog, pada Rabu (16/8/2023), di Padang Sumatera Barat.

Dalam MoU itu, kedua belah pihak sepakat perlunya diadakan penyelenggaraan program pengembangan sumber daya manusia berupa pelatihan dan sertifikasi bidang logistik di lingkungan Politeknik Negeri Padang, khususnya pada Program Studi Logistik Perdagangan Internasional.

Sebagaimana diketahui, bahwa Poltek Negeri Padang adalah Perguruan Tinggi yang melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun Jabar Log, merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan yang dikhususkan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia dalam bidang logistik.

Selain demi peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Bidang Logistik, tujuan kerjasama tersebut juga mencakup optimalisasi pemanfaatan segala sumber daya yang dimiliki dalam rangka akselerasi pencapaian visi dan misi keduabelah pihak.

Objek kesepakatan bersama ini adalah program pengembangan sumber daya manusia berupa pelatihan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia bidang logistik bagi mahasiswa dan tenaga pengajar di Politeknik Negeri Padang.

Karenanya, Poltek Negeri Padang dan Jabar Log, membina kerjasama dengan ruang lingkup di bidang pendidikan, pelatihan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia bidang logistik untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam bidang supply chain dan logistik.

Ahmad Sugiono (dari Jabar Log) mengatakan, kesepakatan bersama ini berlaku untuk jangka waktu tiga tahun dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan kedua belah pihak, serta setiap tahun diadakan evaluasi.

“Intinya model kerjasama tersebut juga mencakup memberikan masukan kurikulum, program magang bagi mahasiswa/i, mengajar, rekrutmen hingga penyaluran bea siswa melalui program corporate social responsibility, paparnya.

Dia menambahkan, pengembangan SDM sangatlah vital lantaran menjadi kunci utama dalam mendorong kemajuan logistik dan rantai pasok atau supply chain.

Sumber : https://www.logistiknews.id