Akbar Djohan, Sekjen Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum ALFI masa bhakti 2023-2028 secara aklamasi, dalam  Musyawarah Nasional ke VII asosiasi ini, pada hari Senin (11/12), di Jakarta.

Akbar yang juga pernah menjabat sebagai Dirut PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), sebelum kemudian diangkat oleh Menteri BUMN Erick Thohir sebagai direktur komersial PT Krakatau Steel TBK (Persero), memang sudah ramai dibicarakan di kalangan orang-orang di logistik dan Forwarder bakal memimpin ALFI.

Apalagi dalam sambutan Munas tersebut, mantan Ketua Umum ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi sudah memberi sinyal jika Akbar Djohan akan menjadi pucuk pimpinan ALFI, pasca Yukki tak mau lagi dicalonkan sebagai ketua umum ALFI untuk ketiga kalinya.

Dengan terpilihnya Akbar Djohan yang kebetulan bertepatan dengan hari ulang tahunnya, banyak harapan dan ucapan yang disampaikan oleh sejumlah rekan maupun mitranya.

Misalnya, ketua umum DPP INSA Carmelita Hartoto  yang mengucapkan  selamat atas terpilihnya Akbar Djohan menjadi Ketua ALFI.

“Semoga bisa membawa ALFI lebih berkembang di masa mendatang. Beliau adalah sahabat, sekaligus teman diskusi saya. Dengan terpilihnya Pak Akbar sebagai ketua ALFI, kami harap akan meningkatkan kolaborasi dan sinergi antara ALFI dan INSA,” ujar Carmelita.

Sedangkan Ketua ALFI Jawa Timur Sebastian Wibisono memiliki harapan yang besar agar Akbar bisa terus memajukan ALFI seluruh Indonesia, termasuk Jatim. “Semoga selalu dapat memberikan akses ke regulator maupun operator dalam permasalahan-permasalahan anggota ALFI seluruh Indonesia, dan bisa memberikan solusi bagi kita smua,” ujar Sebastian.

Sementara itu, Drajat Sulistyo Head Regional Pelindo 2, menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Akbar Djohan sebagai ketum ALFI.

“Kita semua yakin bahwa beliau (Akbar Djohan) akan melanjutkan fundamental yang telah dibangun oleh Pak Yuki (Yukki Nugrahawan Hanafi, ketum ALFI sebelumnya), sehingga ALFI akan terus berjaya dan dapat membantu negara dalam sektor logistik dan investasi.

Sedangkan Ketua ALFI DKI Jakarta Adil Karim mengatakan, bahwa dengan terpilihnya Akbar Djohan sebagai ketum ALFI, yang pasti harapannya pastilah harus lebih baik dan bisa berkolaborasi dengan seluruh DPW ALFI di seluruh Indonesia. “Dan saya yakin itu bisa,” ungkapnya.

Harapan sama pun dilontarkan Ketua ALFI Papua Yoseph Fonataba. Dia berharap agar Akbar Djohan dapat merangkul pelaku usaha Logistik/Forwarder dari Papua, Papua Selatan, dan Papua Barat.

“Karena kami masih harus banyak belajar, dan perlu terus diberikan pembekalan kepada kami, terima kasih,” ucapnya.

Ketua ALFI Jabar M. Nuh juga menyampaikan hal serupa. “Semoga pemain logistik Indonesia naik kelas di bawah kepemimpinan Pak Akbar,” katanya.

Akbar Djohan, sebelum dirinya resmi terpilih sebagai ketua umum, sudah banyak yang memberi ucapan selamat, termasuk ocean week.

“Terima kasih, dan mohon dukungannya,” kata Akbar singkat.

Akbar sewaktu sebagai Sekjen ALFI kepada pers pernah menyampaikan  bahwa dunia logistik nasional tetap akan bertumbuh meskipun banyak tantangan yang dihadapi saat ini.

Seperti diketahui bahwa Munas ALFI ke VII tersebut resmi dibuka oleh Menhub Budi Karya Sumadi dan dihadiri oleh Menteri Investasi Bahlil.